5 PERPUSTAKAAN SUPER NYAMAN INI BIKIN MAKIN BETAH BACA BUKU

November 28, 2017

5-PERPUSTAKAAN-YANG-SUPER-NYAMAN-BIKIN-MAKIN-BETAH-BACA-BUKU

 

Perpustakaan emang nggak pernah ada matinya. Biarpun kita hampir bisa menemukan segalanya di Google, perpustakaan tetap jadi gudang pengetahuan yang kredibel. Nyari referensi buku buat skripsi? Nyari koleksi buku sastra? Nyari tambahan buku buat tugas? Atau sekedar nyari tempat asyik buat baca buku? Gogirl! punya 5 perpustakaan asik yang akan bikin kita makin betah buat berlama-lama tenggelam dalam buku! Kelimanya nggak kalah sama kafe kafe kekinian yang nawarin konsep café plus comfy reading place lho…

 

 

1. FREEDOM INSTITUTE

 

5-PERPUSTAKAAN-YANG-SUPER-NYAMAN-BIKIN-MAKIN-BETAH-BACA-BUKU

 

Di kalangan penikmat perpustakaan, Freedom Institue ini udah nggak asing lagi. Perpustakaan yang popular dengan tata ruangan yang Instagramable ini pernah ditutup di tahun 2015. Untungnya, saat ini udah kembali dibuka. Jika sebelumnya Freedom Institute bertempat di Wisma Proklamasi, sekarang kita bisa mampir ke Gedung Wisma Bakrie buat berkunjung ke perpustakaan yang modern ini.

Perpustakaan ini emang jauh dari kesan kaku. Ketika masuk ke sini kita akan ngerasain suasana industrial-modern yang dikasih sentuhan etnik Indonesia. Very instagramable, indeed! Selain di dukung sama tempat yang nyaman, perpustakaan ini punya puluhan ribu koleksi buku yang beragam. Hanya aja, kita nggak akan bisa minjam buku dari sini, perpustakaan ini ngasih kita kesempatam buat bebas menikmati sensasi baca hanya di dalam Freedom Institute.

Alamat:
Lantai dasar Wisma Bakrie 1,
Jalan H.R. Rasuna Said, Karet Kuningan, Jakarta Selatan.

 

2. DANIEL S LEV

 

5-PERPUSTAKAAN-YANG-SUPER-NYAMAN-BIKIN-MAKIN-BETAH-BACA-BUKU

 

Khusus buat kita yang lagi ngadepin skripsi atau tugas yang butuh banyak referensi hukum, perpustakaan ini bisa jadi destinasi terbaik. Perpustakaan Hukum Daniel S Lev sengaja dibangun di tahun 2006 sebagai bentuk penghormatan  kepada Prof Daniel S Lev yang atas jasanya mengembangkan ilmu hukum di Indonesia.

Nggak kalah sama Freedom Institute, di sini kita bisa baca di atas sofa-sofa empuk yang nyaman. Ada lebih dari 12.000 koleksi buku yang bisa kita temuin disini. Sayangnya, peminjaman buku hanya berlaku untuk sivitas akademika STH Indonesia Jentera, Hukumonline.com, PSHK, dan LeIP. Tapi kalangan umum tetap bisa baca di tempat kok.

Alamat :
Puri Imperium Office Plaza UG-16
Jalan Kuningan Madya, Kav 5-6, Jakarta Selatan

 

3. PERPUSTAKAAN GOETHE INSTITUT

 

5-PERPUSTAKAAN-YANG-SUPER-NYAMAN-BIKIN-MAKIN-BETAH-BACA-BUKU

 

Baca buku di sini, dijamin akan lebih semangat karena mata kita akan dimanajain sama dekorasi yang didominasi warna putih dan juga bright colors. It looks fun! Desain perpustakaan di sini benar-benar beda. Ada banyak tempat duduk lucu yang bisa kita gunain untuk mengasingkan diri ngebaca.

Perpustakaan yang juga digunakan sebagai pusat infromasi ini nyediain banyak koleksi buku bahasa Jerman serta buku terjemahanya. Pastinya, seluruh buku berkaitan dengan Jerman ya! Kerennya, selain buku di sini juga ada acara audiovisual untuk ngedukung kita nikmatin karya dalam Bahasa Jerman atau ngebantu kita belajar Bahasa Jerman

Alamat :
Pusat Kebudayaan Jerman Jakarta
Jl. Sam Ratulangi 9-15
Jakarta 

 

4. PERPUSTAKAAN CIKINI

 

5-PERPUSTAKAAN-YANG-SUPER-NYAMAN-BIKIN-MAKIN-BETAH-BACA-BUKU

 

Ternyata perpustakaan yang disediain pemerintah juga nggak kalah bagus lho. Perpustakaan Cikini ini contohnya. Perpustakaan yang punya nama asli Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta berada di lingkungan Taman Ismail Marzuki. Gedung ini punya arsitektur yang gampang menarik mata, ini ngebuat perpustakaan ini jadi mudah ditemukan.

Gedung yang terdiri dari 3 lantai ini, punya klasfifikasinya masing-masing. Di lantai 1 kita bisa nemuin banyak koleksi buku serta tempat baca, baik kursi atau pun lesehan. Naik ke lantai 2 ada spot yang popular dari Perpustakaan Cikini ini, zona anak. Di sini ada ruang baca khusus anak yang berwarna-warni serta area luas yang dibuat khusus jadi area bermain anak. Sedangkan, di lantai terakhir kita bisa nemuin koleksi majalah dan koran terbaru.

Alamat :
Taman Ismail Marzuki, No. 73,
Jl. Cikini Raya, RT.8/RW.2, Cikini, Menteng.

 

5. PERPUSTAKAAN NASIONAL RI (GEDUNG BARU)

 

5-PERPUSTAKAAN-YANG-SUPER-NYAMAN-BIKIN-MAKIN-BETAH-BACA-BUKU

 

Tau nggak kalo 14 September 2017 yang lalu, Bapak Presiden Jokowi baru aja ngeresmikan gedung Perpustakaan Nasional yang baru. Kalo menurut kita gedung lama udah cukup megah, maka kita akan dibuat lebih terkesima dengan gedung baru yang terdiri dari 27 lantai.  Perpustakaan ini digadang-gadang jadi perpustkaan tertinggi di dunia. Wah!

Yep, banyaknya lantai juga didukung sama banyaknya fasilitas tambahan yang tersedia. Ada ruang baca khusus bagi teman kita yang diffabel dan ada layanan membaca naskah kuno juga lho.  Di gedung baru ini, suasana baca kita bakal ditemenin sofa dan jendela-jendela besar. Bisa ngerasain sensasi baca buku ditemenin pemandangan Jakarta. Buat yang penasaran harus nyoba mampir ke sini!

 

 

Written by Annisa Ayu Chrisnadila
Photo Source:
berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar