STREET FOOD DI 5 NEGARA INI WAJIB BANGET KITA COBAIN!

January 18, 2018

 STREET-FOOD-DI-5-NEGARA-INI-WAJIB-BANGET-KITA-COBAIN!

sumber foto: wordpress

 

Namanya ngebahas makanan, pasti nggak bakal ada abisnya deh! Kita udah nggak asing lagi kan dengan street food? Dikutip dari Wikipedia, street food ialah makanan yang dijual di jalanan atau area publik oleh penjual keliling, ada yang dijual di tenda atau kios di pinggir jalan. Nah, Gogirl! akan ngasih tau nih negara mana aja yang street food-nya rekomendasi banget untuk kita coba. Let’s check this out!

 

 

KOREA SELATAN

 

STREET-FOOD-DI-5-NEGARA-INI-WAJIB-BANGET-KITA-COBAIN!

sumber foto: wordpress

 

Yup, street food Korea udah nggak perlu diragukan lagi deh kelezatannya! Kalo kita sering nonton K-Drama pasti udah nggak asing lagi deh dengan tteokbokki, yup cemilan ini berasal dari kue beras yang direbus kemudian dipotong kecil-kecil dan dicampurkan dengan saus pedas khas Korea.  Biasanya tteokbokki disajikan bersama odeng (eoumuk) atau yang lebih dikenal dengan fish cake yang dibuat dari ikan dihaluskan dan dicampur adonan terigu serta disajikan dengan air kaldu sayuran yang udah dibumbui agar rasanya lebih lembut. Kalo kita lebih suka cemilan manis, ada juga kok bungeoppang (kalo di Indonesia sejenis bolu) yang biasanya berbentuk ikan dan berisi pasta kacang merah, cokelat dan ubi manis. Serta ada juga bbopki yang mirip dengan permen crispy tapi bedanya bbopki dibuat dari larutan gula yang dicampur dengan baking soda. Selain 4 cemilan di atas masih ada lagi lho street food korea lainnya yang bisa kita coba, kayak hotteok, gyeranppang, delimanjoo, twigim, tokebbi hot dog, hot bar, kkultarae, hweori gamja, jipangyi ice cream, dan gurita/cumi-cumi kering. Semua street food ini bisa dengan gampang kita temuin di sepanjang jalanan Korea lho dan harganya mulai 10 ribu rupiah aja!

 

HONGKONG

 

STREET-FOOD-DI-5-NEGARA-INI-WAJIB-BANGET-KITA-COBAIN!

sumber foto: Mix Tourist

 

Kita pasti tau kan egg waffle? Ternyata cemilan satu ini berasal dari Hongkong lho dan udah ada sejak 1950an. Kalo biasanya waffle berbentuk ceper dan punya motif kotak-kotak, nggak begitu dengan egg waffle asal negeri kungfu ini. Dengan motif khasnya yang menyerupai telur, yakni bulat-bulat kecil rasanya terlalu sayang untuk kita makan. Super gemas! Biasanya egg waffle ini disajikan dengan berbagai rasa selai dan harga jualnya cukup terjangkau yakni Rp26 ribu. Selain itu juga ada curry fish ball yang satu tusuknya seharga Rp8 ribu, pineapple bun (roti dengan lelehan butter di dalamnya), chestnut goreng dan tentakel cumi-cumi bakar. Semua streetfood ini bisa dengan mudah kita jumpai di sepanjang jalanan Hongkong.

 

AMERIKA SERIKAT

 

STREET-FOOD-DI-5-NEGARA-INI-WAJIB-BANGET-KITA-COBAIN!

sumber foto: SpiceAndYum

 

Kalo lagi traveling ke Amerika jangan lupa ya untuk nyobain food truck yang biasa ngejual street food khas Amerika ini. Dan jika kita termasuk penyuka makanan asin dan renyah, cocok banget untuk coba dateng ke Roxy’s Grilled Cheese yang ngejual sandwich bakar dengan campuran isi saus alpukat, daging asap dan keju muenster yang dilelehkan dan ada sup tomat dengan resep khas mereka yang bisa kita minta secara gratis. Untuk kita pecinta makanan unik, harus banget dateng ke Easy Slider yang nyediain burger mini dengan isi daging sapi, selai strawberry, selai kacang, keju dan daging asap. Walaupun terdengar agak “aneh” tapi banyak yang bilang rasanya oke punya lho. Tapi kalo kita nggak suka dengan makanan asin, ada juga nih food truck yang nyediain menu manis, kayak Beavers Coffee dan Donnuts yang terkenal dengan kopi, milkshakes dan donut yang bisa kita tambahin topings sesuai selera. Eits, walaupun rasa yang disajikan nggak kalah dengan menu restoran tapi harga yang ditawarkan jauh lebih murah lho yakni mulai dari $5!

 

TURKI

 

STREET-FOOD-DI-5-NEGARA-INI-WAJIB-BANGET-KITA-COBAIN!

sumber foto: Hipwee

 

Hayo, siapa di sini yang suka sama kebab? Turki emang dikenal dengan berbagai macam makanannya yang kaya akan rempah-rempah. Ternyata kebab di Turki juga banyak jenisnya lho, ada doner kebab yang dagingnya disajikan di dalam roti pita atau tortilla, kalo iskender kebab cara penyajiannya cukup unik yakni roti pita ditaruh di atas piring lalu ditambahin irisan daging panggang dan disiram dengan mentega cair yang terbuat dari susu kambing, yoghurt dan saus tomat, agar makin nikmat diatasnya ditambahkan sosis. Sedangkan shish kebab terdiri dari daging yang dipanggang memanjang serta ditambahin sayuran.

 

THAILAND

 

STREET-FOOD-DI-5-NEGARA-INI-WAJIB-BANGET-KITA-COBAIN!

sumber foto: www.mitziemee.com

 

Jika kita pergi berlibur ke Thailand, jangan lupa sempatkan diri untuk mampir ke Bangkok ya! Bangkok emang terkenal dengan surganya pecinta street food. Di Bangkok sendiri ada 3 tempat jualan street food yang wajib banget buat kita coba, ada Or Tor Kor Market yang terletak di Chatuchak yang nyediain durian Bangkok dengan berbagai rasa dan som tam (salad pepaya yang dicampur bawang putih, cabe, tomat, kacang panjang sebagai bumbunya) atau kita bisa juga nambahin seafood sebagai pelengkap,  kalo mau nyobain pad thai (mie khas Thailand yang digoreng dengan cincangan tahu dan telor) kita bisa ke Night Food Stall Street yang ada di dekat stasiun Thong Lo BTS. Ketiga ada Taman Lumpini Food Stalls  yang nawarin berbagai menu seafood seperti tom yam.

 

Yang hobi jajan, mampir liat artikel ini deh:

 

 

Written by Qatrunnada Rahmatika
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar