MACAM-MACAM SATE YANG POPULER DI INDONESIA

November 15, 2017

MACAM-MACAM-SATE-YANG-POPULER-DI-INDONESIA

 

Girls, kita semua pasti tahu dan pernah makan sate, kan? Sate udah jadi salah satu makanan khas Indonesia yang disukain banget sama orang-orang Indonesia. Tempat-tempat makan sederhana yang ngejual sate pun udah jadi salah satu tempat yang cukup rame buat dijadiin tempat nongkrong buat anak-anak muda. Sate pun ada bermacam-macam variasinya. Terus, sate-sate apa aja sih yang populer di kalangan pecinta kuliner Indonesia?

 

 

SATE AYAM

 

 MACAM-MACAM-SATE-YANG-POPULER-DI-INDONESIA

Sumber: thefinder.com.sg

 

Sate ayam jelas jadi salah satu makanan yang populer di kalangan orang Indonesia. Kita sering banget ngelihat pedagang kaki lima yang berjualan sate di pinggir jalan, dan sebagian besar sate yang mereka jual adalah sate ayam. Sate ayam ini disajikan dengan bumbu kacang yang menambah cita rasa manis sekaligus gurih. Nggak jarang, turis-turis asing yang datang ke Indonesia juga tertarik buat nyobain sate ayam ini karena makanan ini nggak bisa ditemuin di negara-negara lain.

 

SATE TAICHAN  

 

 MACAM-MACAM-SATE-YANG-POPULER-DI-INDONESIA

Sumber: wefindriaafifah.wordpress.com

 

Beberapa tahun belakangan ini, sate taichan emang jadi salah satu makanan yang terkenal banget di kalangan masyarakat Indonesia. Bedanya sate taichan dari sate biasa, sate ini punya tampilan fisik dan bumbu yang berbeda. Kalo sate biasa berwarna cokelat dan dibumbui dengan bumbu kacang, sate taichan justru berwarna putih seperti warna daging ayam biasa. Bumbunya pun nggak menggunakan bumbu kacang, tapi bumbu berupa sambel yang terbuat dari cabe rawit dan garam. Buat pecinta pedes, sate taichan pasti bakal dianggap lebih nikmat dari pada sate biasanya. Sedangkan buat yang nggak suka pedes, mungkin kita bisa makan satenya aja tanpa menggunakan bumbu apa pun. Jangan khawatir, rasanya tetep enak dan nikmat, kok!

 

SATE PADANG

 

 MACAM-MACAM-SATE-YANG-POPULER-DI-INDONESIA

Sumber: pinterest.com

 

Masakan Padang udah jadi salah satu ciri khas kuliner di Indonesia. Nggak cuma menu-menu makanan di restoran Padang biasa, ada juga sate padang yang banyak dijual oleh pedagang kaki lima dan rasanya unik banget. Seperti makanan-makanan Padang pada umumnya, sate Padang ini banyak menggunakan bahan rempah-rempah dalam proses pembuatannya. Dagingnya pun nggak kayak daging ayam biasa. Sate Padang biasanya menggunakan jeroan sapi kemudian dibumbui dengan bumbu rempah-rempah. Ciri khas lain dari sate Padang adalah sausnya yang berwarna kuning kecokelatan. Saus kuning itu merupakan bumbu kacang yang udah dikentalkan dan dicampur dengan banyak banget cabe.

 

SATE KERANG

 

 MACAM-MACAM-SATE-YANG-POPULER-DI-INDONESIA

Sumber: fathirhasan698.student.umm.ac.id

 

Menu masakan sate yang satu ini cukup populer di daerah Surabaya. Dari namanya aja kita udah bisa bedain, apa bedanya sate kerang dengan sate biasa. Sate ini menggunakan kerang sebagai bahan dasar daging satenya. Bukannya dibakar seperti daging-daging sate pada umumnya, kerang yang digunakan untuk sate ini terlebih dahulu direbus sebelum dijadikan sate. Setelah direbus, kerangnya juga dibumbui dengan bumbu-bumbu khas seperti rempah-rempah dan juga bumbu-bumbu lain untuk menciptakan rasa pedas. Sate kerang ini biasanya disajikan begitu saja tanpa ditambahkan bumbu berupa saus-saus lainnya.

 

SATE USUS

 

 MACAM-MACAM-SATE-YANG-POPULER-DI-INDONESIA

Sumber: babakaran.com

 

Mungkin banyak orang yang nggak suka memakan usus atau jijik ketika membayangkannya. Tapi, banyak juga lho orang yang sangat menyukai usus sampai-sampai usus pun dijadikan bahan dasar pembuatan sate. Sate usus ini sama seperti sate-sate pada umumnya. Usus ayam ditusuk menggunakan lidi lalu dibumbui dengan bumbu-bumbu sederhana. Biasanya, sate usus ini memiliki rasa gurih dan pedas. Kalo kebanyakan sate yang lain dimakan dengan lontong, sate usus ini tetap cocok lho untuk dimakan dengan nasi.

 

 

Written by Hilel Hodawya (Gogirl! Apprentice)
Photo Source:
berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar