6 KREASI MAKANAN ANEH DI 2017, KAMU SUKA YANG MANA?

November 24, 2017

6-KREASI-MAKANAN-ANEH-DI-2017-KAMU-SUKA-YANG-MANA?

 

Kalo ngomongin soal trend makanan nggak akan ada habisnya. Tiap saat, orang-orang pasti nyoba buat nyiptain suatu makanan baru—entah dari bahannya, bentuk atau isiannya yang mengalami peningkatan (hello, martabak pake nutella?), dan bahkan penyebutan nama yang aneh-aneh. Kita pun nggak pengen ketinggalan hype-nya suatu makanan yang baru muncul atau baru ditemuin. Beberapa contoh makanan di bawah ini adalah kreasi makanan yang baru muncul di tahun 2017. Kira-kira bakalan tahan berapa lama ya?

 

 

COKELAT PINK

 

6-KREASI-MAKANAN-ANEH-DI-2017-KAMU-SUKA-YANG-MANA?

 

Kalo biasanya kita ngeliat cokelat ya kalo nggak warna cokelat muda, cokelat gelap hampir dark (dark chocolate), ya putih atau yang biasa dibilang white chocolate. Tapi, setelah 80 tahun lamanya nggak ada warna atau bentuk cokelat yang baru, seorang pembuat cokelat dari Swiss mengembangkan cokelat yang paling baru, dengan warna agak pink dan rasa buah yang disebut dengan Ruby Chocolate. Barry Callebaut AG, perusahaan pembuat cokelat terbesar, pertama kali membuat Ruby Chocolate sejak Nestle bikin cokelat putih batangan lebih dari 80 tahun yang lalu. Inovasinya dibuat berdasarkan jenis biji cokelat spesial, yang digabungkan pengembangan lebih dari 10 tahun menurut Chief Executive Officer Antoine de Saint-Affrique.

Cokelat yang pertama kali diperkenalkan di Shanghai ini, punya rasa berry alami yang asam manis. Departemen penelitian Barry Callebaut menemukan Ruby Chocolate ini 13 tahun yang lalu waktu lagi mempelajari soal biji cokelat. Biji yang dipake untuk membuat Ruby Chocolate ini datang dari teluk Ivory, Ekuador dan Brazil, dan warna yang nggak biasa ini muncul dari proses bubuk yang diekstraksi. Nggak ada buah berry dan pewarna yang ditambahkan untuk membuat Ruby Chocolate ini. Belum ada tanggal yang pasti tentang kapan cokelat ini akan available untuk seluruh dunia, tapi katanya sih bakalan ada sesegera mungkin. Sweet!

 

GLOW IN THE DARK DONUT

 

6-KREASI-MAKANAN-ANEH-DI-2017-KAMU-SUKA-YANG-MANA?

 

Glow in the dark biasanya ada di cat, rambut atau cat kuku. Karena nggak bisa dan kayaknya nggak mungkin ditambahin ke dalam makanan makanan, zat glow in the dark ini jarang banget ditambahin ke dalam makanan. Ngeri banget pasti ngeliat makanan glow in the dark (takutnya beracun kali ya, hehe). Tapi, buat ngerayain festival Vivid tahunan di Sydney, sebuah toko patisserie premium Black Star Pastry bikin kreasi glow in the dark doughnut atau yang sering dibilang sebagai Glonut. Inspirasinya dateng waktu Chris The, lagi jalan-jalan di seputar festival Vivid Light, Music and Ideas di tahun 2016. Idenya adalah untuk menggabungkan cahaya dengan makanan, dan jawaban yang muncul di kepalanya adalah bikin makanan Glow In the Dark.

Setelah dapet konsep glow in the dark ini, tim Chris The butuh waktu satu tahun buat bereksperimen apakah konsep ini bisa berjalan dengan baik atau nggak. Mereka juga bereksperimen soal makanan apa yang cocok dengan konsep ini, dan mereka mutusin buat make donatnya BlackStar yang teksturnya mirip brioche dengan setengah mentega, jadi ringan buat dimakan dan nggak berminyak. Bahan yang bisa bikin icing donatnya glow in the dark adalah Riboflavin atau vitamin B, yang sifatnya cukup asam dan bersinar di bawah sinar UV. Riboflavin alami dan aman buat dimakan. Chris The mutusin buat bikin icing donatnya dengan yuzu glaze jadi ada keseimbangan antara rasa manis dan asam di dalam donatnya. Hmm, kira-kira lidah kita bakalan ikutan glow in the dark juga nggak ya?

 

PIZZUSHI

 

6-KREASI-MAKANAN-ANEH-DI-2017-KAMU-SUKA-YANG-MANA?

 

Ah, who doesn’t love Pizza? Terus siapa sih di sini yang nggak suka sushi? Gimana kalo dua-duanya digabung jadi satu? Pizzushi, adalah kreasi pizza dan sushi dari Vy Duong, chef dan kreator Pizzushi yang berumur 24 tahun. Dia bilang dia terinspirasi dari imakanan yang lagi ngetren. Duong pengen bikin makanan versi dia sendiri yang menggunakan bahan-bahan yang orang pengen makan di tempat makan sushi lokal dan restoran mewah. Chef yang berasal dari Los Angeles ini juga sampe bikin food test, dengan cara bikin pop-up restaurant dan event makanan lain buat ngeliat gimana tanggapan orang-orang soal Pizzushi. Duong sendiri bilang, awalnya orang takut buat nyoba Pizusshi karena mereka ngira kalo makanan itu lebih mirip kayak pizza daripada sushi—tapi buat orang yang suka sushi atau poke, mereka seneng-seneng aja buat nyoba hehe.

Duong butuh waktu cukup lama untuk menyempurnakan resep ini. Dia nyoba dengan bola nasi beku yang dipipihkan. Kemudian Duong menggorengnya selama 30 detik buat bikin bola nasi ini jadi pinggiran dan bahan dasar untuk Pizzushinya. Dia kemudian meletakkan spicy mayonnaise dan salmon poke yang udah dibumbui sama kecap wijen. Rasanya mirip deep-fried sushi, tapi lebih segar karena ikannya nggak digoreng bersama nasi.

 

CRUFFIN (CROISSANT MUFFIN)

 

6-KREASI-MAKANAN-ANEH-DI-2017-KAMU-SUKA-YANG-MANA?

 

We do love croissant and we do love muffin. Tapi apa jadinya kalo dua-duanya digabung? Hal inilah yang mendasari munculnya Cruffin. Cruffin adalah hybrid dari croissant dan muffin. Makanan ini dibuat dengan bentuk kayak muffin, tapi flakey layer adonan briochenya bikin muffin ini punya tekstur pull-apart kayak croissant.

Cruffin ini kemudian diisi dengan berbagai macam krim, selai atau curds, kemudian dihias. Cruffin pertama dibuat oleh Kate Reid dari Lune Croissanterie di Melbourne Australia tahun 2013, dan kemudian di trademark dan dipopulerkan oleh Mr. Holmes Bakehouse dari San Fransisco. Tapi kemudian insiden pencurian terjadi di Mr. Holmes Bakehouse dan orang tersebut mencuri resep Cruffin dan beberapa perkakas lainnya. Makanan ini membuat banyak orang yang ngantri buat beli Cruffin karena penasaran akan rasanya—sekaligus pengen ngeliat bentuknya.

 

PINEBERRY

 

6-KREASI-MAKANAN-ANEH-DI-2017-KAMU-SUKA-YANG-MANA?

 

Pernah ngerasain nggak sih, strawberry tapi rasa nanas? Kalo dulu kita kira hal ini cuma ngimpi doang, sekarang udah jadi kenyataan. Pineberry, adalah buah strawberry putih dengan rasa kayak nanas. Kalo biasanya buah strawberry warnanya merah dan punya biji yang putih, ini kebalikannya—dagingnya putih dan warnanya merah. Pineberry berasal dari buah strawberry hybrid yang ditumbuhkan di Eropa, dengan bibit tertentu untuk meningkatkan keberhasilan pertumbuhan. Bibit yang dipakai di sini adalah gabungan dari bibit Fragaria chiloensis, yang berasal dari America Selatan dan Fragaria virginiana yang berasal dari Amerika Utara.

Penanaman pertama secara resmi ditanam tahun 2010 di Belanda dan Belgia. Pineberry lebih kecil daripada strawberry biasa, berukuran di antara 15 sampai 23 milimeter. Waktu mateng, warna buahnya jadi putih seutuhnya, tapi dengan biji berwarna kemerahan. Tanaman Pineberry nggak gampang kena penyakit, tapi perawatannya mahal banget dan nggak cocok buat pertanian skala kecil. Biasanya, Pineberry bisa dimakan waktu musim semi dan musim panas dan tumbuhnya dari bulan Maret sampai bulan Desember. Saking langka dan mahalnya, satu buahnya bisa dihargai sampe 60 ribu. Pineberry punya antioksidan yang banyak banget dan punya banyak karbohidrat jadi nggak dianjurkan makan terlalu banyak ya hehe.

 

CHEESE TEA

 

6-KREASI-MAKANAN-ANEH-DI-2017-KAMU-SUKA-YANG-MANA?

 

Kalo cheese tart udah biasa, teh dengan berbagai macam rasa juga udah biasa banget. Semenjak thai tea masu ke Indonesia, banyak banget stall thai tea yang muncul di mall. Nah, gimana kalo ada trend teh baru yang muncul dan bikin kita bergidik karena teh ini dicampur sama….keju!?

Teh dengan topping keju ini dijual di kedai-kedai pinggir jalan di Taiwan sebelum menjamur ke Singapura, Malaysia dan China dan sekarang lagi populer di Amerika. Awalnya orang Taiwan suka nyampurin keju bubuk ke dalam teh yang mereka minum di tahun 2010. Seiring dengan berjalannya waktu, orang yang suka bikin cheese tea ngebuang bubuk susu dan ngegantiin dengan whipped white cheese.  Cheese-topped tea adalah teh matcha, jasmine atau oolong yang dikasih salty-whipped cheese. Bentuk akhirnya sih kayak kopi yang ada foam-nya, jadi kita mungkin bakalan bingung apakah itu kopi foam atau cheese tea. Cheese tea ini udah ada di Amerika kayak di Happy Lemon di Flushing, New York dan Little Fluffy Head di Los Angeles. Menurut founder Little Fluffy Head, makanan ini bukan cuma keju dan teh—base nya teh dan diberi cheese cream di atasnya. Campuran cheese cream ini terbuat dari heavy cream, cheese dan susu, dan dicampur dengan mixer, dan diberi sedikit pink salt setelahnya. Rasanya bisa jadi asin atau manis, tergantung dengan minumannya.

 

 

Written by Ni Wayan Desy
Photo Source:
berbagai sumber
Share to:

Comments

0 Comments
Sort By   
Silahkan login untuk menulis komentar